fungsi serta cara kerja web server.

syudah berkali kali saya membuat artikel cara instal dan konfigurasi beragam web server seperti apache,nginx dan open litespeed di berbagai distro linux,baik centos, debian maupun ubuntu,tapi belum pernah ada satu artikel [un yang membahas apa itu web server,apa pengertiannya,fungsinya serta begaimana cara kerja web server sehingga dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
oleh karena itu,sebelum anda merasa kecewa dan bingung dengan apa yang kalian lakukan selalu gagal,saya sampai kan di artikel lain,maka dalam artikel ini saya akan membahas apa itu web server,dari mulai pengertian,fungsi sampai dengan proses atau cara kerja web server itu sendiri.

pernahkah kita para pengguna internet berpikir tentang begaimana caranya proses yang terjadi sehingga ketika kita mengetik alamat website di browser lalu muncul tampilan browser kita ? disini tugas web srever sama halnya,denga proxy server bedanya web server menghubungkan clieant di browser dengan data sever website tujuannya.

lebih jelasnya pengertian web server adalah sebuah server yang malayani kalian atau menerima permintaan dari client dalam bnetuk,HTTP atau HTTPS melalui browser yang kemudian memeberikan umpan atau balasan berupa dokumen HTML (biasa di sebut halaman website),web server memliki alamat ip dan nama domain sendiri.

CONTOH;;kita mengetikkan alamat facebook.com di browser google crome maka web server akan menerima sekaligus menyampaikan permintaan kalian ke server yang akan di tampilkan di browser kalian sehingga kita bisa melihat halaman website facebook.com.

beberapa jenis sever web di antaranya adalah

-  apache web server / the HTTP web server
-  apache tomcat
-  mcrosoft windows server 2008 IIS (internet information services)
-  lighttpd
-  zeus web server
-  sun java system web server

dari pada daftar isi di atas yang paling dimain dan gunakan hanya pada apache dan mcrosoft windows server.

1.client disini dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki brwoser dan terhubung ke web server melalui jaringan  (intranit atau internet).

2.komputer yang berfungsi sebagai server,di mana di dalamnya tedapat perangkat lunak web server,agar komputer ini dapat diakses oleh client mak komputer harus terhubung ke jaringan intranit atau internet,dalam jaringan internet komputer ini bisa saja bernamakan,
http://www.google.com/ , www.bl.ac.id ,atau memiliki kode komputer yang di sebut IP ADDRESS,seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.


0 Response to "fungsi serta cara kerja web server."

Post a Comment

Total Pageviews