tips bernegosiasi membeli rumah.


bila anda menyadari,sebenarnya transaksi jual beli rumah bukan semata mata urusan harga yang sesuai untuk penjual maupun pembeli,transaksi jual beli rumah memiliki seni negosiasi tersendiri,yang blum entu bisa dilakukan oleh semua orang.

namun jangan khawatir,karena negosiasi dapat dipelajari lewat strategi atau trik,menurut supriyadi amir dalam bukunya 'sukses membei rumah tanpa modal' terbitan laskar aksara,ada beberapa strategi bisa anda pelajari,simak catatannya berikut ini.

-mengetahui harga pasaran.
sebelum memutuskan membeli rumah,pastikkan anda cocokkan dlu dengan harga yang di tawarkan pemiliknya.namun,sebelum mengajukan penawaran,ada baiknya anda mengetahui lebih dlu harga rumah yang akan anda beli,sama dengan harga jual pada rumah lain dengan kondisi sama wilayah tersebut.
ketahui pula kondisi rumah kalo perlu perbaikan tambahan atau tidak,serta berapa lama rumah tersebut di tawarkan untuk di jual,dari informasi ini,anda bisa mendapatkan gambaran harga beli terbaik untuk rumah tersebut.

-usahkan tidak terbawa emosi dan sudah siap kompromi.
pada saat melihat rumah yang anda pilih,usahkan tidak terlalu terbawa perasaan sengat menyukai rumah tersebut,karena hal itu tiak akan menguntungkan,sebab harga jual rumah nantinyaakan tidak memberi ke untungan bagi anda saat bernegosiasi.
bersiakp lah lebih fleksibel saat berkopromi,ajukan penawaran harga setelah melakukan survei,anda dapat melakukan 3-4 x survei kondisi rumah selain itu malakukn analisa lang perhitungan anda dan juga malakukan tarik ulur harga.
-tawar sesuai dengan kemampuan bayar anda.
point ini sangat penting ketika anda malakukan negosiasi,kenapa ? tidak artinya sebuah negosiasi yang cantik dan harga sesuai dengan kesepakatan si penjual namun anda sebagai posisi pembeli enggak mampu bayar atau uangnya tidak vukup,kata orang jawa tiwas ngentekne abab (percuma hanya menghabiskan ebergi) so,tawaan yang terbaik adalah sesuaikan dengan kekuatan isi dompet anda,kalopun anda sudah tahu kantong anda tipis jangan mencri properti yang memerlukan kantong yang tebal,pandai-pandailah mengukur kemampuan anda.

-sbelum anda bertemu dengan lawan nego anda,cari info berapa harga rumah itu.
ini adalah yang enggak boleh di abaikan,kenali lawan kita ebelum berperang,kata tzun ztu seorang strategi perang di  zaman cina kun.maka separoh kemenangan ada di tangan kita,mengetahui harga pasaran sebelum bernegoadalah penting ! jika tidak anda bisa menawar harga jauh harga pasaran umunya kata orang jawa 'keblondrok'' alias kita menawar dengan harga pasar namun jauh di atas harga pasar.


0 Response to "tips bernegosiasi membeli rumah."

Post a Comment

Total Pageviews