kenali penyebabnya mata bengkak


bengkak di sebabkan karena edema atau kelebihan cairan dalam jaringan iakt di sekitar mata,adanya beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata bengkak,seperti infeksi,trauma,cedera di sekitar mata,hingga menangis dalam waktu yang panjang.

beberapa penyebab mata bengkak.

kondisi yang juga biasa di sebut periorbital ini sering terjadi di kelopak mata,penyebab umunya adalah alergi,di mana alergi ini kadang kadang disertai dengan gejala mata memrah ataupun gatal-gatal.

selain itu,masih ada banyak lag penyebabnya mata bengkak,diantaranya adalaha:

-dermatochalasis
kelopak mata bengkak bisa berhubungan dengan usia,hal ini khususnya terjadi saaat kulit bagian atas kelopak mata mengalami penurunan (dermatochalasis)dan tidak kencang lagu seperti semula,penurunan kulit kelopak mata bagian atas bisa menganggu penglihatan.

bagian pinggir kelopak mata mata juga memungkinkan untuk mengalami penurunan,dan kondisi ini si sebut ptosis,ptosis juga dapat di hubungkan dengan usia seseorang dan kondisi ini tidak terjadi langsung begitu saja.walaupun jarang terjadi,ptosis dapat di sebabkan oleh myasthenia gravis atau tumor otak,gejala ini tidak datang dengan sendirinya,karena umunya di iringi dengan beberapa gejala lainnya dari penyakit yang mendasarinya.

-alergi
menyabung pion sebelumnya tentang alergi,mata bengkak bisa diartikan juga dengan bentuk reaksi alami tubuh terhadap alergi.alergi juga dapat menimbulkan detidak nyamanan pada mata,biasanya di tandai dengan mata memerah,gatal-gatal dan berair.

saat seseorang terserang alergi ,sistem kekebalan tubuhnya akan bereaksi terhadap alergi dengan cara mengeluarkan histamin,di mana zat ini dianggap sebagai pemicu terjadinya mata bengkak.
alergen merupakkan pencetus alergi,bisa berupa benda ataupun unsur lainnya,alergen yang mengakibatkan mata bengkak dapat berasal dari dalam ataupun dari luar rumah.dari dalam rumah bisa saja datang dari bulu peliharaan anda seperti kucing,ataupun jamur-jamuran kecil di dinding dalam rumah yang lembab.sedangkan dari luar rumah bisa datang dari serbuk bunga atau asap.

-kurang tidur
kurang tidur juga bisamenjadi penyebabnya mata bengkak,orang yang kurang tidur kemunginan mempunyai kulit yang berkerut,tidak segar dan memliki lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda.

kortisol juga dilepaskan tubuh ketika sseorang kurang tidur atau kurang istirahat hormon stres ini di ketahaui dapat memecahkan kolegan sehingga kulit akan berkerut dan tidak kenyal lagi spserit dulu seiringnya berjalannya waktu,kurang idur juga bisa menyebabkan penurunan produksi hormon pertumbuhan sehingga akan mengurangi ketebalan kulit,kerapuhan tulang dan berkurangnya masa otot.

-lensa kontak
lensa kontak dengan kualitas terbaik sekalipun memiliki kemungkinan untuk menyebabkan mata menjadi iritasi,bengkak,bahkan beresiko terjadinya infeksi pada mata.apalagi jika kamu mamakailensa kontak dalam jangka waktu yang sangat lama dan menghabikan waktu di dalam ruangan berAC yang dapat membuat matamu semakin kering.
dan pastikan kamu mamilih lensa kontak yang paling nyama di mata kamu dan mengandung kadar air yang cukup,bersihkan dan simpan secara teratur,bawa selalu tetesan mata untuk mencegah terjadinya iritasi dan mata kering saat menggunakannya lensa kontak.

-blefaritis
penyebab mata bengkak lainnya adalah blefaritis,kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak mata,dan dapata terjadi di dalam bentuk,yakni posterior dan anterior.posterior adalah bentuk peradangna yang terjadi di tepi bagian dalam kelopak mata,sedangkan anterior terjadi di tepi bagian luarnya.penyebabnya dari blefaritis luar dapat berupa bakteri,sedangakan pada bagian dalam kelopak mata,umunya terjadi karena gangguan kelenjar minyak.

keduanya,selain menyebabkan mata bengkak,ternyata bisa juga membuat mata terasa gatal-gatal,perih,mata memerah dan terlalu peka saat melihat sinar mentari.blefaritis juga dapat membuat penglihatan kabur,kulit di dasar bulu mata mengelupas,dan mata kering.

di karenakan blefaritis jarang bisa pulih sepenuhnya,pening untuk di perhatikan agar selalu menjaga kondisi kebersihan kelopak mata anda,apabila kondisi peradangan sudah sangat parah,umunya obat tetes mata streroid atau antibiotik menjadi pilihan pengobatan anda.

0 Response to "kenali penyebabnya mata bengkak"

Post a Comment

Total Pageviews